CARA MEMILIH SKATEBOARD

Minggu, 31 Oktober 2010
 



















Memilih papan
Bagian yang paling penting dalam memilih sebuah papan skateboard adalah memilih papan yang dapat membuat kamu merasa nyaman. Karena itu akan mempengaruhi cara kamu dalam bermain skateboard.
Street/Technical
Ini adalah tipe yang paling umum dalam bermain skateboard. Seperti flip trik, grinds, rails, gaps, ledges, dan lainnya. Untuk bermain skateboard dengan tipe ini ukuran lebar papan skateboard mulai dari 7,5 sampai 7,75 inci adalah yang paling baik, karena lebih mudah untuk melakukan trik flip dengan lebar papan yang berukuran pendek.
Transition
Bermain skateboard diatas ramps seperti halfpipes dan bowls. Orang yang bermain skateboard dengan tipe transition biasanya menggunakan papan dengan lebar 7,75 inci. Yang lebih bagus itu adalah yang melebihi panjang telapak kaki, karena itu akan lebih mudah untuk mengimbangi dan mengontrol papan dengan yang lebih lebar.
All Arround
Jika kamu menggabungkan tipe antara street dan trasition, berarti kamu harus memilih lebar papan yang berukuran 7,75 inci. Ukuran papan ini cocok untuk kamu yang sedang berlatih, tetapi tidak cocok untuk kamu melakukan trik flip.
Ketika kamu memilih papan, cobalah letakkan papan skateboard kamu dijalan dan berdiri diatas papan itu untuk merasakan kenyamanannya. Itu akan membantu kamu untuk mengetahui bagaimana bentuk nose, tail dan concave. Itu juga akan membantu untuk memutuskan mana yang cocok untuk kamu sebelum kamu membelinya.
Memilih Trucks
Seperti papan, trucks juga memiliki beberapa ukuran. Ketika kamu memilih trucks, kamu harus memastikan bahwa trucks tersebut cocok dengan papan yang kamu pilih. Jika terlalu pendek maka akan susah dikendarai. Jika terlalu panjang maka akan sulit untuk berbelok.
Beberapa trucks tersedia dalam tinggi dan rendah. Truck yang tinggi akan bagus untuk roda skate yang besar dan memiliki banyak ruang untuk melakukan hentakan pada saat kamu melakukan trik. Truck yang rendah memiliki kestabilan dan akan lebih nyaman untuk tipe technical skate. Medium adalah pilihan yang bagus untuk semua tipe permainan skate.
Memilih roda dan bearing
Sekarang kamu telah mempunyai papan dan trucks berarti kamu harus memilih roda yang cocok untuk papan dan trucks tersebut. Ukurannya(kebanyakan dalam millimeter) dan durometer(kekerasan) dari roda adalah point yang penting disini.
Untuk ukuran yang kecil dan roda yang keras(51mm-55mm, 97a-100a), ini lebih cocok untuk tipe permainan skateboard street dan technical. Jika jalan atau tempat kamu bermain skateboard tidak rata, berarti kamu harus memilih ukuran yang lebih besar(54mm-56mm).
Jika memilih roda yang berukuran besar(56mm-60mm,97a-100a) maka kamu akan mendapatkan kecepatan yang lebih dan mengendarainya lebih mudah.
Jika kamu ingin berseluncur saja, maka pilihlah ban yang lebih lembut dan ukurannya lebih dari 60mm dengan durometer(keras roda) dibawah 90a.
Mempunyai roda yang bagus akan tidak lengkap jika kamu tidak menggunakan bearing yang bagus juga. Banyak bearing tersedia dan ukuran ABEC menentukan kecepatan dan kualitas dari bearing tersebut. Biasanya ukuran bearings yang tersedia berukuran 3 atau 5 dan 9. Karena bearing umumnya terlihat berukuran sama, maka pilihlah bearing dengan merk yang bagus. Mulailah dengan bearing yang berharga murah dan cari tau bagus atau tidaknya. Setelah itu, cobalah beberapa merk lainnya yang menurut kamu bagus.
Perlengkapan Lainnya
Walaupun hal-hal kecil, tetapi tetap saja penting untuk diketahui. Maksudnya griptape dan hardware, seperti tambahan riser pads.
Griptape akan membantu kamu untuk menghindari terpeleset dari papan kamu ketika kamu meluncur dan melakukan trik. Kebanyakan griptape berwarna hitam tetapi ada yang berwarna dan bergambar. Kualitas griptape yang paling bagus adalah griptape berwarna hitam.
Hardware terdiri dari 8 baut dan 8 mur untuk menempelkan truck dengan papan. Beberapa hardware juga memiliki berbagai macam warna untuk menunjukkan yang mana tail dan nose.
Riser pads adalah plastik tipis yang berada diantara tatakan truck dan papan. Riser pads akan memberikan ruang antara roda dan papan agar tidak terjadi gesekan pada saat kamu meluncur. Tidak seperti hardware lainnya, riser pads tidak terlalu dibutuhkan, tetapi apabila menggunakannya akan lebih baik. Jika kamu merencakan untuk menggunakan riser pads, maka pastikan hardware yang lain cocok dengan riser pads yang kamu pilih.

0 komentar:

Posting Komentar

statistik

yahoo messenger!!

Popular Posts