Siapkah Anda Meninggalkan Anak Sendiri Di rumah?

Jumat, 29 Oktober 2010
  
Liputan6.com, Tennesse: Pada usia berapa anak boleh ditinggal sendirian di rumah? Banyak orang tua bijaksana yang memperhitungkan usia dan kematangan anak mereka, serta kedekatan dengan teman-teman, tetangga atau kerabat. Namun sesungguhnya, ada juga aspek hukum untuk dipertimbangkan.

Masalahnya, kebanyakan negara tidak memiliki undang-undang yang mengatur berapa usia anak boleh ditinggalkan sendirian, sehingga keputusan berada di tangan orangtua. Ada yang mengatakan anak usia 8 sampai 14 tahun sudah boleh ditinggalkan, tapi Kampanye Safekids Amerika merekomendasikan agar tidak ada anak di bawah usia 12 tahun yang diijinkan tinggal di rumah sendirian.

Meskipun anak siap untuk berada di rumah sendiri, sebagian besar ahli juga setuju bahwa Anda tidak boleh membiarkan hal ini terjadi. "Bahkan seorang anak yang kelihatannya sudah dewasa dan dapat bertanggung jawab, tetap tidak boleh ditinggalkan di rumah sendirian," kata Chris Jamieson, anggota Dewan Perwakilan Anak dan Keluarga di New York.

Di luar perdebatan masalah ada tidaknya hukum yang mengatur, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda meninggalkan anak sendiri di rumah:

1. Apakah anak Anda sudah bisa melakukan pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan kecil seperti tangan terkena pisau, kebakaran, hidung berdarah atau mimisan, keracunan, tergigit hewan ataupun mata sakit.
2. Apakah anak Anda tahu persis pintu keluar untuk menyelamatkan diri jika terjadi kebakaran di rumah.
3.
Apakah anak Anda tahu cara menelpon orang tua atau orang lain untuk meminta pertolongan.
4. Apakah anak Anda bisa mematuhi aturan-aturan yang Anda tetapkan di dalam rumah.
5. Apakah anak Anda memang mau ditinggal sendiri di rumah, karena jangan sampai ada rasa terpaksa.

Jika anak Anda memang siap untuk ditinggal sendiri di rumah, lakukan test awal terlebih dahulu. Misalnya berikan sejumlah instruksi dan tinggalkan telepon genggam, lalu cobalah minta tolong kepada tetangga atau orang yang anda percaya untuk datang ke rumah. Sekitar 30-40 menit kemudian, datanglah dan lihat apa yang terjadi.

Jika melalui tes awal Anda sudah merasa yakin, maka bolehlah Anda meninggalkan sang buah hati sendiri, tetapi ingat, jangan meninggalkannya sendiri lebih dari satu jam, dan pastikan anda bisa selalu dihubungi melalui telepon. (sheknows/AP/ARI)

0 komentar:

Posting Komentar

statistik

yahoo messenger!!

Popular Posts