Aktivitas Pendakian di Gunung Slamet Dilarang

Rabu, 03 November 2010
Liputan6.com, Pemalang: Aktivitas Gunung Slamet di Jawa Tengah mulai meningkat, Rabu (3/11), Ini ditandai dengan embusan asap yang terus mengepul dari gunung. Bahkan sesekali aktivitas gunung yang membelah lima kabupaten di Jateng itu menimbulkan gempa vulkanik. Dengan kondisi tersebut, semua aktivitas pendakian saat ini dilarang dengan alasan keselamatan.

Berdasarkan data dari pos pengamatan Gunung Slamet di Kecamatan Pulosari, Pemalang, suhu air panas di sekitar gunung juga mengalami kenaikan. Jika pada saat normal suhu mencapai 42 derajat celcius, kini naik menjadi 45 derajat celcius.

Gejala peningkatan aktivitas gunung berapi tidak hanya di Gunung Slamet saja. Secara keseluruhan ada 19 gunung di Indonesia yang bersatus waspada. Ke-19 gunung itu tersebar mulai dari Pulau Sumatra, Jawa, Sulawesi, Bali, hingga Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Sementara dua gunung, yakni Gunung Ibu di Maluku Utara dan Karangetang di Sulawesi Utara kini berstatus siaga. Satu gunung yang berstatus awas adalah Gunung Merapi [baca: Belasan Gunung di Indonesia Berstatus Waspada].

Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana, banyaknya gunung di Indonesia berstatus waspada dianggap hal wajar. Itu karena Indonesia memiliki gunung terbanyak di dunia.(IAN)

0 komentar:

Posting Komentar

statistik

yahoo messenger!!

Popular Posts